-
28 Juni 2021 9:52 am

6 AKTIVITAS WISATA MENARIK DI OBJEK WISATA SANTIRAH RIVER TUBING

6 AKTIVITAS WISATA MENARIK DI OBJEK WISATA SANTIRAH RIVER TUBING
Berbicara tentang wisata Pangandaran, pasti hal pertama yang terbenak di pikiran Anda adalah tentang wisata pantainya, Namun jangan salah, di Pangandaran juga banyak terdapat wisata-wisata alam yang bisa membuat pengunjungnya terpana.

Salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal di Pangandaran adalah Santirah, banyak berbagai aktivitas wisata menarik yang wajib untuk wisatawan coba jika berkunjung ke objek wisata ini. Berbagai aktivitasnya yaitu:

River Tubing

River Tubing adalah suatu petualangan musim panas yang menyenangkan, melakukan perjalanan menyusur sungai menggunakan ban karet atau ban karet bekas. Jika Wisatawan melakukan aktivitas River Tubing, maka akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah, selain air sungainya yang sangat jernih dan hijau, dapat juga melihat tebing-tebing menjulang di sekeliling sungai. Kemudian wisatawan dapat melihat dan mendengarkan kicauan burung yang sangat merdu, yang dapat melepaskan rasa lelah bagi yang mendengarnya.

Aktivitas River Tubing Santirah merupakan yang terbaik di Pangandaran, dapat Pembaca sendiri Pesan di RAJA TOUR PANGANDARAN salah satu travel agent terbaik di Pangandaran. Santirah memiliki panjang lintasan sekitar 1,5 Kilometer, dapat ditempuh denngan waktu kurang lebih 2 – 3 jam. Lamanya waktu dipengaruhi seberapa eksisnya wisatawan di beberapa spot di sungai Santirah. Hehehehe

Selama mengarungi sungai Santirah, wisatawan akan melewati 4 goa yang gelap, yaitu :
  1. Goa Gendang
  2. Goa Panjang Santirah
  3. Goa Lengkop
  4. Goa Cukang Taneuh
Disantirah juga akan menerjang 3 jeram, yaitu :
  1. Jeram Batu Munding
  2. Jeram Sindang Melang
  3. Jeram Leuwi Panjang
Selain goa dan jeram, wisatawan juga akan melewati curug-curug atau air terjun di tepian sungai, yaitu :
  1. Curug Tirai
  2. Curug Batu Mundi
  3. Curug Kembar
  4. Curg Mini
  5. Curug Tiga
Goa yang disebut sebagai goa Santirah sendiri memiliki panjang mencapai 100 meter, goa ini yang disebut-sebut warga sekitar sebagai pembuangan mayat gadis Santirah. Untuk melewati goa ini, pengunjung tidak diperbolehkan membawa penerangan, pengunjung harus melewati goa Santirah ini dengan keadaa gelap-gelapan. Hanya lampu kilat dokumentasi yang diperbolehkan menyala.

Selain menyusuri jeram-jeram dan arus deras, di Santirah juga terdapat arus sungai yang tenang, di spot ini wisatawan dapat berenang atau bersantai di atas ban menikmati indahnya tebing-tebing santirah yang menjulang indah. Nama spotnya yaitu leuwi panjang, leuwi panjang berarti sungai yang panjang bagi masyarakat Sunda.

Saat melakukan aktivitas River Tubing Anda tidak perlu cemas, karena Anda semua akan ditemani oleh River Guide lokal yang pasti sudah berpengalaman. Akitivitas River Tubing tidak hanya digemari oleh turis lokal saja, turis mancanegara pun banyak yang melakukan aktivitas river tubing di Santirah.

Setelah melakukan aktifitas River Tubing Santirah, pengunjung akan jalan kaki menuju start point dengan durasi waktu maksimal 20 menit, sesampainya di start point, wisatawan bisa bersih-bersih dan makan nasi liwet khas Santirah.

Berfoto di Spot-spot Alami Bentukan Alam

Liburan tidak akan lengkap jika tidak ada dokumentasi untuk kenang-kenangan bukan, di Santirah banyak sekali spot-spot foto yang menarik. Mulai dari start pemberangkatan sampai finish kita tidak akan ulit untuk menemukan spot-spot foto. Untuk dokumentasi di air atau sungai nya, Anda tidak Perlu khawatir, River Guide akan dengan senang hati mendokumentasikan kegiatan Anda selama berwisata di objek wisata Santirah ini.

Makan dan Minum Menghangatkan di Stengah Perjalanan Santirah

Di Setengah trek yang dilewati di Santirah, wisatawan akan diajak istirahat di rest Area River Tubing Santirah, tersedia warung kecil yang dikelola keluarga dari warga desa yang menyediakan bermacam makanan dan minuman hangat. Di warung ini, tersedia kopi, te hmanis, susu, ba’wan, rengginang, pisang goreng dan pop mie. Setelah badan dirasa sudah cukup hangat, wisatawan bisa kambali melanjutkan aktivitas River Tubing menyusuri spot-spot lainya.

Loncat dari Ketinggian Ke Sungai Santirah yang Hijau

Di titik Finish aktivitas River Tubing Santirah, wisatawan akan menemui spot yang sangat menangtang adrenaline, yaitu spot loncat berketinggian 5 dan 8 meter. Loncat di spot Objek wisata Santirah ini tentunya memiliki sensasi tersendiri, wisatawan akan loncat menuju hijau dan dinginnya sungai Santirah diantara 2 tebing yang menjulang dengan indahnya.

Tips Jumping/ Loncat di Santirah River Tubing :

a. Berdo’a
Berdo’a sebelum melompat dari tebing, telah terbukti bahwa berdo’a mampu menenagkan jiwa. Karena jiwa yang tenang, akan meningkatkan keselamatan ketika melakukan atraksi lompat tebing.
b. Cek Spot Loncat
Sebelum melompat terlebih dahulu mengetahui ketinggian antara tebing dan permukaan air. Selain itu, periksa lokasi pendaratn benar-benar tidak ada batu-batuan dan cek kedalaman airnya, semakin dalam kedalaman air, maka semakin bisa wisatawan untuk melompat dari tempat yang lebih tinggi.

c. Gunakan Body Pelampung jika tidak bisa berenang
Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi meloncat di Santirah River Tubing, namun tidak bisa berenang, maka dianjurkan untuk memakai Life Vest/ Body Pelampung.

d. Berdiri Tegak
Walaupun terkesan mudah, namun posisi tersebut sangat membantu bagi para wisatawan, agar tidak kaku pada saat melakukan loncatan dari ketinggian di atas tebing.

e. Badan Rileks
Pada saat akan melompat usahakan perasaan kita harus rileks, agar kita bisa merasakan sensasi yang luar biasa pada saat melompat. Wisatawan akan merasakan sensasi ibarat melayang diudara.

f. Tangan memegang Body Pelampung
Agar wisatawan tidak merasakan sakit pada saat sampai ke air, maka tangan berada pada posisi menyamping dan memegang body pelampung.

Makan dengan Nasi Liwet Khas Santirah

Salah satu masakan yang populer di Indonesia ialah nasi liwet. Nasi liwet sebenarnya merupakan proses memasak sejak zaman nenek moyang Indonesia. Setelah melakukan aktivitas River Tubing selama kurang lebih 2 Jam, tentunya perut kita akan merasa lapar. Di Santirah ada satu menu unggulan yang sudah terkenal keenakannya, yaitu Nasi Liwet Khas Santirah.

Dengan rasanya yang Gurih dan hangat ditambah lauk pauk berupa daging ayam/ikan, akan menjadi hidangan Anda setelah bermain River Tubing. Nasi liwet tersebut bisa Anda pesan satu paket dengan wisata River Tubingnya.

Berburu Oleh-oleh khas Santirah

Tak hanya tentang aktifitas river tubingnya, Santirah juga memiliki oleh-oleh khas tersendiri, banyak sekali oleh-oleh yang dijajakan di warung-warung di kawasan objek wisata Santirah. Oleh-oleh yang paling banyak diminati di Santirah adalah kaos oblongnya, juga ada oleh-oleh lain seperti souvenir ataupun hiasan khas Santirah.

Itulah beberapa aktivitas wisata menarik yang dapat Kamu lakukan jika mengunjung objek wisata Santirah. Bila kamu ingin memesan Paket wisata special Santirah, langsung saja untuk klik disini yaa. Lagi ada promo juga lhoo.
Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL