-
23 September 2022 9:10 am

PANTAI KARAPYAK

PANTAI KARAPYAK

-

-

-

-

-

DESTINASI PANTAI KARAPYAK


Karapyak adalah salah satu destinasi wisata pantai dengan sebutan “Paradise Beach” yang berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran dan berjarak sekitar 7,9 KM dengan waktu tempuh sekitar 14 menit dari Tugu Emplak Kalipucang. Atau jika dari Bundaran Marlin Pangandaran berjarak sekitar 19,6 KM.


asal mulanya pantai karapyak

Asal mulanya tempat ini adalah Kepala Desa Bagolo, Rahmat, mengatakan, bahwa Karapyak yang kini disematkan pada Pantai Karapyak merupakan nama yang disebutkan oleh jawara sakti saudagar kerbau. Rahmat mengungkapkan, pada jaman dahulu di Desa Bagolo ada seseorang yang begitu sakti mandraguna dan banyak memiliki kerbau.


Namun kerbau itu selalu tidak pulang ke kandang yang sudah dipersiapkan oleh sang pemilik. Akibat jengkel terhadap hewan peliharaannya, kata Rahmat, akhirnya sang pemilik berucap karapyak. Akibat ucapan tersebut kini pantai yang ada di bagolo dinamakan karapyak dan karapyak sendiri merupakan istilah lain dari kandang kerbau. “Cerita itu merupakan cerita turun-temurun di Desa Bagolo,” katanya.


Lebih jauh Rahmat menuturkan bahwa di desanya tersebut terdapat sebuah situs atau keramat yang bernama panembahan kandang munding. Konon lokasi tersebut sering didatangi oleh orang-orang yang percaya dengan mistis. Terlebih pada tahun 1975 sampai 1981 panembahan munding selalu dimanfaatkan untuk mencari nomor jitu kupon undian SDSB.


Kuncen di Desa Bagolo, Misjo Tarjo, menuturkan, panembahan kandang munding yang berada di Dusun Bagolo Kolot tersebut merupakan cikal bakal nama Pantai Karapyak yang saat ini menjadi salah satu lokasi wisata di Desa Bagolo. Menurut Misjo Tarjo, sang pemilik kerbau yang kesal tersebut dan mengutuk dengan kata-katanya, sampai saat ini tahun 2016 terbukti bahwa di Karapyak atau di Desa Bagolo tak seorangpun yang memiliki hewan kerbau.


Akses menuju Pantai ini cukup mudah, selain di sepanjang perjalanan sudah banyak papan petunjuk arah, dan moda transportasi untuk menuju lokasi ini juga bisa menggunakan kendaraan sewa atau pribadi. Destinasi ini memiliki daya tarik wisata berupa hamparan pasir putih nan elok yang dipadu dengan bebatuan karang di sepanjang garis pantainya. Pemandangan alamnya yang eksotis dan suasananya yang sejuk dibalut dengan semilirnya angin pantai yang tenang, membuat para wisatawan betah jika berlama-lama berada Pantai Karapyak. Lokasi ini merupakan spot yang pas untuk melihat terbit dan tenggelamnya matahari. Tidak hanya dimanjakan oleh pemandangan alamnya saja, walaupun tidak bisa berenang, ada banyak aktifitas wisata yang dapat dilakukan di destinasi wisata ini yaitu seperti berkemah, memancing, outbond, kuliner dan fotograpi. Selain itu wisatawan juga dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang dan mencari biota laut di antara bebatuan karang atau sekedar jalan – jalan menikmati suasana pemandangan di sekitar pantai. Tak heran jika Pantai Karapyak menjadi salah satu alternatif menikmati liburan bersama keluarga setelah penat dengan rutinitas dan kesibukan pekerjaan sehari-hari. Bagi wisatawan tidak perlu khawatir, Pantai Karapyak sudah memiliki sarana dan fasilitas wisata seperti : beragam akomodasi dengan jenis Hotel Melati ataupun Pondok Wisata, penyedia makan dan minuman, lokasi rest area, coffee shop, Mushola dan camping ground.


Daya Tarik

Obyek Wisata Pantai Karapyak di Pangadaran Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah pangadaran juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.


Fasilitas Obyek Wisata Pantai Karapyak di Pangadaran Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola – Kamar mandi / MCK

– Penginapan –

dan masih banyak lainya Dan saran lebih tepatnya kalian bisa hubungi kami di raja tour pangandaran

Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL