SOP CREW HANDLE RAJA TOUR


Setiap perjalanan adalah tanggung jawab profesional. Crew bertugas menghadirkan layanan terbaik—tertib, sigap, dan beretika—dengan ketulusan hati.
Kita maksimalkan Ikhtiar dengan ANTUSIAS dan BAHAGIA, Biarkan #TakdirMenemukanJalanNya
DATA REPORT:
Nama Crew
Tanggal kegiatan
Tanggal
/
Bulan
/
Tahun
Nama Grup/Perusahaan
Kota Asal/Alamat Klien
Nama PIC/Ketua Rombongan
Nomor HP PIC Klien
Destinasi Wisata : 1
Tulis destinasi/kegiatan wisata
Jumlah Peserta
Destinasi Wisata : 2
Tulis destinasi/kegiatan wisata
Jumlah Peserta
A. PRA KEGIATAN
Seragam, Lanyard/Nametag,
Banner Client/Perusahaan/Raja Tour atau wisata Air
Membawa Minimal HT 2 Pcs/1 Crew
Membawa P3K Standart
Persiapan & Membawa Device Dokumentasi. Pastikan: Batrai Full, membawa charger, memori sudah kosong, OTG, Test Device 1 menit sebelum digunakan.
Sudah followup client, fiksasi jam dan lokasi meeting point
Meminta share live location client & pastikan lokasi meeting point yang telah ditentukan RAJA TOUR.
Koordinasi dengan Vendor Destinasi, oleh Manager Operasional. Difollowup oleh Crew handle kepada Vendor Destinasi
Memiliki basic pengetahuan destinasi + situasi terkini destinasi (cuaca/debit air/kejadian alam lainnya) berkoordinasi dengan Manager Operasional dan Update destinasi alternatif apabila ada kendala kegiatan atas intruksi/komunikasi dengan Manager Operasional.
Upload Selfie Foto Prakegiatan Lengkap dengan Equipmentnya!
`Upload Gambar
B. KEGIATAN
Koordinasi ke vendor lokal
Crew Hadir 15 menit sebelum kedatangan peserta
Menyambut dan perkenalkan diri ke klien dengan ramah
Verifikasi ulang peserta, validasi payment ke manager operasional. Jika tidak sesuai jumlah peserta awal, Lakukan komunikasi segera kepada Manager Operasional.
Safety briefing oleh crew handle (Do & Don't). (Jika Fullbodyrafting, dilakukan oleh Riverguide di Start Point).
Komunikasi Overhandle ke Guide/Instruktur Local
Memastikan Dokumentasi sesuai arahan Perusahaan
Foto group sebelum kegiatan wisata
`Upload Gambar
menyelesaikan kendala teknis (apabila ada)
Koordinasi dengan penyedia lokal terkait: menu makan/menu tambahan lainnya, apabila paket sudah termasuk makan.
Memastikan kondisi tempat bilas/toilet, jumlah layak pakai, jenis toilet (bayar/fasilitas).
Ketika kegiatan selesai, peserta diarahkan untuk bilas & bersih-bersih, dan dilanjut makan (Jika inc. paket makan)
Koordinasi dengan vendor dan memonitor/membantu persiapan makan, sesuai dengan jumlah peserta (wajib: Hitung jumlah piring, memastikan menu makan dan jumlahnya sesuai dengan arahan manager operasional.
Memastikan Fasilitas dan Service sesuai dengan harapan klien (klien tidak berekspresi komplain/kecewa))
Membuat Video Testimoni dengan client & Review kegiatan bersama RAJA TOUR GROUP
Meminta Klien/Peserta lainnya untuk mereview google RAJA TOUR (QR Foto sudah disiapkan)
DOKUMENTASI KEGIATAN LANGSUNG DISALIN KE HP KLIEN (Menggunakan OTG)
Apabila kapasitas memory klien tidak cukup, file mentah akan diberikan sales.
Membantu memberikan informasi kegiatan lainnya di Pangandaran (Upselling), apabila klien membutuhkan kegiatan tambahan koordinasi dengan manager operasional.
C. PASCA-KEGIATAN
Apabila tidak ada kegiatan lainnya / klien tidak meminta adanya program lainnya, WAJIB: Farewell dengan klien (Memohon maaf, menyampaikan terimakasih, mendoakan klien semoga sehat selalu + lancar rezeki dan bisa ngetrip bareng RAJA TOUR: Baik di Pangandaran dilain kesempatan atau destinasi wisata lainnya di indonesia, dan sampaikan salam untuk keluarga atau temannya dirumah/kota asal)).
File disalin ke PC Kantor
Unggah Bukti Transfer Dokumentasi (via google driver)
Foto Bukti Upload Dokumentasi
`Upload Gambar
Feedback Crew Handle tentang Vendor Destinasi (Vendor, Riverguide, Makan)
Evaluasi Diri & Masukan untuk Perusahaan (Management RAJA TOUR)
`Kirim
-