-
1 Juli 2021 8:55 am

KONSERVASI PENANGKARAN PENYU, WISATA EDUKASI ASYIK DI PANGANDARAN

KONSERVASI PENANGKARAN PENYU, WISATA EDUKASI ASYIK DI PANGANDARAN
Berwisata ke Pangandaran tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba wisata edukasinya. Para pengunjung pengguna Paket Tour Pangandaran tentunya membutuhkan wisata edukasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka, terutama bagi pengunjung yang membawa anak – anaknya. Di Pangandaran terdapat beberapa wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran dan Penangkaran Penyu, kedua wisata edukasi ini merupakan yang paling hits dalam Paket Wisata Pangandaran, Cagar Alam Pangandaran dengan keberagaman flora dan faunanya, dan Konservasi Penangkaran Penyu dengan Penangkaran Penyu terlengkap di dunia. Kedua destinasi wisata ini dapat Anda pesan di RAJA TOUR PANGANDARAN. Disini penulis akan menjelaskan lebih dalam mengenai Konservasi Konservasi Penangkaran Penyu check it out....

Awal Mula Terbentuknya Konservasi Penangkaran Penyu

Pendiri Konservasi Penangkaran Penyu yaitu Bapak Idin Saepudin, beliau merupakan orang yang peduli dengan keberlangsungan penyu. Pada tahun 1983, terbentuklah kelompok biota laut di Batu Hiu, tempatnya tidak jauh dari bibir pantai batu hiu. Kelompok ini bukan hanya konsisten pada hewan penyu saja, melainkan juga biota-biota laut lain, seperti terumbu karang dan ikan-ikan laut.

Setelah terjadi Tsunami Pangandaran pada tahun 2006, kelompok biota laut Batu Hiu terhentikan aktifitasnya, Tsunami berdampak besar pada Biota Laut Batu Hiu ini, tempatnya rusak diterjang gelombang tsunami. Namun perjuangan Bapak Idin tidak sampai disitu, Ia mendirikan kembali Konservasi Penangkaran Penyu yang bisa dilihat sampai sekarang. Lokasi Penangkaran Penyu pun dipindahkan tepatnya ke seberang jalan Batu Hiu, karena tempat awal Kelompok Batu Hiu sudah tidak memungkinkan didirikan kembali karena terjad abrasi setelah Tsunami. Tekad dan motivasi yang kuat menjadi bekal perjuangan Bapak Idin pada Konservasi Penangkaran Penyu Batu Hiu.

Penangkaran dengan Spesies Penyu Terlengkap di Dunia

Total Spesies penyu yang ada di Konservasi Penangkaran Penyu Batu Hiu tadinya mencapai 5 spesies penyu yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Pipih (Natator Depressus), Penyu Tempayan (Caretta caretta) dan Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) terlengkap dari total 7 spesies di dunia, hanya penyu belimbing Dermochelys coriacea) dan Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempl) yang tidak pernah terlihat di Penangkaran Penyu ini. Lengkapnya spesies di Konservasi Penangkaran Penyu Batu Hiu ini karena lautan Pangandaran merupakan Samudera Hindia.

Namun sekarang hanya tersisa 4 Spesies di Penangkaran Penyu ini yaitu Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Pipih dan Penyu Tempayan. Pelepasan penyu di Konservasi Penangkaran Penyu Bat Hiu ini dulunya selalu ada setiap satu tahun, namun dalam 3 tahun terakhir pelepasan penyu di Batu Hiu ini tidak dilakukan, ini dikarenakan tidak ada penyu yang menetas karena berbagai faktor mulai dari kepadatan penduduk, dan yang paling terbesar dampaknya adalah Abrasinya Pantai akibat tsunami.

Pakan Konservasi

Peran pemerintah ke Penangkaran Penyu sangatlah minim, dahulu peran pemerintah sempat ada, saat ini peran pemerintah bahkan tidak ada sedikitpun pada Konservasi Penangkaran Penyu ini. Untuk makan para penyu, pengelola hanya mengandalkan donasi dari para wisatawan yang mengunjungi penangkaran penyu ini, itupun tidak setiap hari ada wisatawan, bahkan saat sepi wisatawan bisa tidak ada sampai 1 bulan. Maka dari itu bagi Anda yang mengunjungi Penangkaran Penyu Batu Hiu, sebaiknya menyisihkan sedikit uang Anda untuk di donasikan ke Penangkaran Penyu ini. Dengan berdonasi, Anda sudah membantu keberlangsungan penangkaran Penyu Batu Hiu.

Motto Penangkaran

"Berbagi Kasih Merupakan Bagian Tugas Hidup Kami” kata tersebut merupakan ungkapan dari Pendiri Penangkaran Penyu.Menurut bapak Idin berbagi kasih tidak hanya harus ke manusia saja, ke hewan juga, Ia juga berpikir bahwa alam telah memberikan apa yang kita perlu, sehingga tidak ada salahnya untuk kita melindungi nya juga. Ia juga tidakpernah mengeluh meski tidak ada bantuan dari pemerintah dan hanya mengandalkan donasi untuk pakan-pakan penyu Penangkaran.

Lokasi Penangkaran Penyu

Konservasi Penangkaran Penyu terletak di Jalan Batu Hiu, Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, berjarak sekitar 14 KM dari Pangandaran, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit. Konservasi Penangkaran Penyu ini sangat dekat dengan objek wisata Batu Hiu, berjarak hanya sekitar 200 meter.

Tertarik untuk mengunjungi Penangkaran Penyu di Pangandaran? Yukk langsung aja reservasi di Raja Tour Pangandaran, banyak penawaran specialnya juga lhoo
Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL