-
27 Agustus 2023 2:24 pm

SEJARAH CITUMANG PANGANDARAN

SEJARAH CITUMANG PANGANDARAN
Pangandaran memang selalu menarik untuk dikunjungi, wilayah bagian selatan dan barat Pulau Jawa ini memang terkenal akan objek wisata yang begitu indah. Mulai dari keindahan pantai, Taman Cagar Alam Pangandaran, hingga pesona wisata airnya. Di Pangandaran sendiri terdapat sebuah wisata alam yang menyajikan keindahan aliran sungai yang begitu mempesona.

Citumang Pangandaran adalah sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang. Jika diperhatikan wisata Pangandaran ini begitu mempesona, keindahan alam sekitar sungai begitu asri dengan tumbuhan hutan yang masih dapat dinikmati. Selain itu kejernihan air sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Lokasi Citumang Pangandaran

Lokasi Sungai Citumang yang berada di komplek objek wisata Citumang,tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.Jika kamu dari arah pusat Pangandaran, maka silahkan untuk menuju arah barat Pangandaran. Jarak lokasi wisata dengan pusat Kota Pangandaran sendiri sekitar 15 Km. Kamu bisa langsung menuju ke Kecamatan Parigi.



Sejarah Dan Mitos Di Citumang Pangandaran

Dibalik cerita mitos Citumang Pangandaran ini, bahkan nama Citumang itu sendiri diberikan bukan tanpa alasan. Setelah hilangnya para utusan beserta rombongannya, diketahui sungai yang mengalir deras ini, ternyata diujung sungai tersebut terdapat sebuah curug. Yang berbentuk mirip dengan tungku, jadi yang dimaksud tumang itu berarti tungku. Maka tidaklah heran, apabila yang menjadi dasar timbulnya nama sungai Citumang pangandaran ini, berasal dari sejarah menghilangnya para utusan beserta rombongan ekspedisi disungai Citumang Pangandaran.

Dibalik air mengalir yang jernih dan alam yang asri, Citumang menyimpan kisah misterius yang tidak terlupakan. Keberadaan sungai yang mengalir dengan deras dan curug yang mirip tungku menjadi saksi bisu bagi cerita sejarah hilangnya para utusan. Mungkin hanya mitos, atau mungkin lebih dari itu, namun kisah ini adalah bagian dari pesona Citumang yang tidak boleh dilupakan.

Jika Anda berencana mengunjungi Citumang Pangandaran, jangan hanya sekadar menikmati keindahan alamnya, tetapi juga berikan penghormatan pada mitos dan sejarah yang melekat di sana. Dalam setiap aliran sungainya dan dedaunan hutan yang rimbun, ada cerita yang menunggu untuk ditemukan dan dihargai. Selamat menjelajahi keindahan Citumang dan berbagi cerita-cerita yang tak terlupakan dari tempat ini dengan orang lain.
Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL