-
23 Agustus 2023 3:42 pm

Pesona Pantai Batu Hiu

Pesona Pantai Batu Hiu
Jika Anda berkunjung atau hanya sekedar lewat di Kabupaten Pangandaran, ada satu wisata yang perlu untuk dikunjungi yakni pantai Batu Hiu yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Pantai tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Pangandaran. Bahkan banyak orang yang menyebutkan pantai tersebut adalah ‘Tanah Lot’-nya Jawa Barat karena ada batu karang yang menjorok ketengah laut seperti tanah lot di Bali.

Pantai batu hiu berlokasi di Desa Ciliang, Kecematan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Pantai Batu Hiu berjarak sekitar 15 km dari pusat kota pangandaran dan waktu tempuh 30 menit saja dengan menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat.

Raja Tour Pangandaran menyediakan Paket tour Pangandaran yang akan mengajak teman-teman untuk mengeksplorasi keindahan yang memukau dari Pantai Batu Hiu. Dengan harga mulai dari Rp. 300.000/ pax, teman-teman sudah bisa menikmati berbagai destinasi di Pangandaran dengan Paket Wisata Pangandaran 2 Hari 1 Malam dari Raja Tour Pangandaran. informasi tentang detil paket bisa dilihat DISINI

Ada beberapa hal yang harus teman-teman ketahui sebelum berkunjung ke Pantai Batu Hiu. Diantaranya adalah :

Sejarah Pantai Batu Hiu

Cerita tentang nama Pantai Batu Hiu tak lepas dari legenda pada jaman dahulu. Berdasarkan keterangan yang dipaparkan oleh warga sekitar, sekitar abad 11 lalu terdapat pasukan yang dibuang dari Kerajaan Mataram. Pasukan tersebut dikomandani oleh dua orang bernama Aki Gede dan Nini Gede. Mereka semua pergi dari tanah asalnya, yang kemudian sampailah di daratan Pantai Batu Hiu melalui jalur laut. Setibanya di daratan, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal di daerah perbukitan di sekitar pantai. Suatu hari, Nini Gede menyuruh pasukannya untuk mencari makanan bagi mereka. Salah seorang pasukan yang bernama Ki Braja Lintang mempunyai inisiatif untuk mencari makanan di pantai. Akhirnya dia berhasil menangkap seekor Hiu. Setelah Aki Gede dan Nini Gede mengetahui hasil tangkapannya, mereka justru mengatakan pada Ki Braja Lintang untuk mengembalikan ikan tersebut ke lautan. Saat Ki Braja Lintang melepaskannya, ikan Hiu tersebut berubah wujud menjadi batu hitam cukup besar. Keberadaannya masih dapat Anda lihat sampai sekarang. Itulah mengapa pantai ini dinamai Pantai Batu Hiu. Sayangnya batu tersebut bentuknya sudah mengalami perubahan, tidak seperti Hiu lagi. Hal ini disebabkan oleh kikisan air laut yang sudah terjadi selama berabad-abad lamanya.

Daya Tarik Pantai Batu Hiu Pangandaran


1. Goa dengan bentuk ikan hiu

Pantai Batu Hiu mempunyai berbagai daya tarik tersendiri. Saat pertama kali memasuki kawasan pantai, maka pengunjung akan disuguhkan dengan gerbang yang berbentuk lorong. Dimana gerbang tersebut dibangun menyerupai mulut ikan hiu. Yang menarik ialah bangunan tersebut memiliki bentuk yang cukup nyata karena dilengkapi dengan gigi gigi tajam seperti gigi ikan hiu, ketika pengujung berada di dalam gua seolah-olah pengunjung sedang berada di dalam rahang hiu.

2. Keindahan pemandangannya yang cocok untuk jadi spot foto terbaik

Pantai Batu Hiu memiliki panorama hamparan lautan samudera Hindia luas sebagai daya tarik. Di atas bukit pengunjung bisa menyaksikan pemandangan deburan ombak kencang yang bertabrakan dengan batu karang, serta birunya laut selatan yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Namun pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang lebih memesona, ketika datang di waktu musim kemarau. Pasalnya di musim tersebut langit pantai akan berwarna biru cerah tanpa ada awan, sehingga memantulkan keindahan lautan di bawahnya. Untuk bisa menikmati keindahan tersebut, pengunjung bisa menaiki bukit kecil di dekat pantai. Disana juga menjadi spot foto terbaik, karena adanya lautan sebagai latar belakang.di pantai Batu Hiu pengunjung juga bisa menyusuri daerah pantai. Pantai Batu Hiu juga kerap menjadi lokasi foto shoot pre-wedding karena memiliki panorama alam yang indah.

3. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Daya tarik lain yang dimiliki pantai Batu Hiu adalah adanya spot untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Hanya perlu menaiki bukit, maka pengunjung bisa menangkap momen matahari yang terbenam dengan indah. Dimana warna langit yang semula kebiruan secara perlahan berubah menjadi jingga kemerahan yang sangat memesona dan mengesankan. Jika Anda berkunjung saat matahari terbenam, jangan lupa mengambil foto ataupun video.

4. Tempat yang paling cocok untuk bersantai Dan Botram

Botram merupakan tradisi masyarakat Sunda yaitu kegiatan berkumpul dan berbagi, biasanya sering diisi dengan makan-makan bersama. Tujuannya untuk mempererat ikatan kekeluargaan dan kebersamaan. Pantai Batu Hiu menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin beristirahat sembari menghabiskan bekal makan siang karena memiliki hamparan rumput yang hijau, ditumbuhi vegetasi Pandan Wong yang memberikan nuansa teduh serta semilir angin laut yang semakin menambah kenyamaan wisatawan untuk bersantai menghilangkan lelah setelah menjelajahi destinasi wisata lain yang berada di Kabupaten Pangandaran.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Hiu diantaranya :

1. toilet
2. mushola
3. pendopo
4. gazebo
5. tempat parkir
6. warung makanan minuman
7. penginapan

Pantai Batu Hiu adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau bahkan sebagai latar belakang foto pre-wedding yang memukau. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, pantai ini akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung. Jadi, jika Anda mencari tempat wisata yang indah dan berkesan di Indonesia, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Batu Hiu Pangandaran.

Semua keindahan dari Pantai Batu Hiu tersebut dapat teman-teman nikmati secara eksklusif dengan cara memesan Paket Tour Pangandaran dari Raja Tour Pangandaran. Ketika teman-teman memesan Paket Tour Pangandaran, maka teman-teman akan mendapat berbagai fasilitas terbaik dari Raja Tour Pangandaran seperti akses eksklusif ke Tempat Wisata, Pendampingan oleh pemandu, Dokumentasi kegiatan, Akomodasi yang nyaman, hingga hidangan yang menggugah selera.




Segera hubungi kontak dibawah ini untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai Paket wisata Pangandaran 2 Hari 1 Malam dari Raja Tour Pangandaran. !!!!!

Contact Person

Untuk menghubungi Raja Tour untuk informasi lebih lanjut, konsultasi, dan reservasi perjalanan di Pangandaran, Anda dapat mengikuti kontak berikut:
Informasi Kontak Raja Tour Pangandaran:
Situs Web : www.rajatour.id
snack video : @rajatourpangandaran
Alamat Kantor : Jl. Raya Babakan - Pangandaran, No. 20, RT.001 RW. 007, Dusun Kelapatiga, Desa, Babakan, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46396.


Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL