-
20 Agustus 2023 3:50 pm

7 Gua Yang Ada Di Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran adalah destinasi yang memukau dengan beragam tempat ikonik yang menunggu untuk dieksplorasi oleh para pengunjung. Cagar Alam Pangandaran memiliki aneka ragam flora dan fauna. Selain itu juga ada 7 Gua yang terletak di Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran.

Gua-gua ini terbentuk secara alami dan melalui proses yang sangat lama. Namun ada juga gua yang dibuat oleh manusia dan menjadi saksi bisu pendudukan Jepang di Indonesia. Gua-gua di Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran menyimpan kisah mistis dan sejarahnya sendiri yang akan membuat kita semakin penasaran untuk mengetahuinya.

Berikut adalah beberapa tempat eksotis yang ada di Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam Pangandaran :

Goa-goa yang ada di cagar alam pangandaran


Cagar Alam Pangandaran adalah tempat yang menawarkan pengalaman alam yang luar biasa, terutama bagi mereka yang mencari petualangan di dalam goa-goa yang penuh misteri. Dengan menjaga alamnya, kita dapat terus menikmati keajaiban alam ini dan mempertahankan keindahannya untuk masa depan. Berikut goa-goa alam yang menakjubkan di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran :

1. Gua Parat (Goa Keramat)

Gua Parat berlokasi di Taman Wisata Alam Cagar Alam Pananjung, Desa/Kecamatan Pangandaran.Lokasinya dari pintu masuk cagar alam bisa ditempuh dengan jarak 300 meter ditempuh dengan jalan kaki,lubang Gua Parat ini memiliki panjang 200 meter dan berujung tembus ke pantai Pangandaran. Nama Parat diambil dari Bahasa Sunda, parat (tembus). Jika pengunjung berfoto di sana spot swafoto dan suasananya sangat eksotis. Konon Gua Parat memiliki historis sebagai petilasan penyebaran agama Islam di zaman kerajaan Pananjung Galuh Pangauban.Di sana terdapat petilasan milik Syekh Ahmad (Pangeran Kasepuhan) dan Syekh Muhammad (Pangeran Kanoman).

2. Gua Miring

Gua yang satu ini memang sangat unik namanya saja Gua Miring. Berlokasi di kawasan Cagar Alam Pananjung. Bernama Gua Miring karena saat memasuki gua ini pengunjung harus sedikit miring karena jalan menuju dalam gua harus sedikit miring. Dalam gua ini pengunjung bisa melihat batuan stalaktit yang berbentuk pocong, warga setempat kerap kali menyebutnya gua penampakan.

3. Gua Sumur Mudal

Goa yang merupakan bagian dari cagar alam ini memiliki keunikan tersendiri. Ada stalaktit dan stalakmit yang bentuknya bermacam-macam.Misalnya saja seperti bentuk tenggorokan manusia dimana ada stalaktit disana. diantaranya ada yang berbentuk seperti tenggorokan manusia, dan dinding goa tersebut dihiasi juga dengan relief alam yang indah seperti dinding candi.Mengapa goa tersebut dinamakan goa sumur mudal karena didalamnya terdapat sebuah cekungan yang mirip seperti sumur yang dulu ada sebuah mata air yang keluar sangat deras sehingga sampai mudal (meluap)

4. Gua Lanang

Gua Lanang berlokasi di Cagar Alam Pangandaran, konon goa yang menjadi petilasan Kerajaan Pananjung Galuh Pangauban ini memiliki spot yang eksotis.Di dalamnya terdapat batuan membentuk seorang laki-laki yang habis disunat. Selain itu ada batuan dalam gua yang apabila dipukul tangan mengeluarkan nada.

5. Gua Panggung Mbah Jaga Lautan

Gua Panggung berlokasi di Cagar Alam Pangandaran, konon tempat tersebut merupakan petilasan bersemedinya Mbah Jaga Lautan anak angkat Nyi Roro Kidul.Disebut Gua Panggung karena terdapat batuan yang mirip panggung di dalamnya dan terdapat makam Mbah Jaga Lautan.

6. Gua Cirengganis

Gua eksotis lainnya masih ada di Cagar Alam Pangandaran ada Goa Cirengganis. Salah satu gua yang terkenal dengan mata air Cirengganis yang dipercaya dapat membuat awet muda.Lokasinya masih dekat dengan beberapa gua tetangga seperti Gua Panggung dan Gua Parat. Mata air yang terdapat sekitar gua ini tak pernah surut meskipun musim kemarau.

7. Gua Jepang

Gua Jepang dibangun oleh tentara Nippon untuk dijadikan benteng pertahanan tantara fasis. Prajurit-prajurit kejam dari negeri Matahari Terbit ini ingin Pangandaran menjadi basis pertahanannya untuk wilayah Jawa Barat bagian Selatan. Selain membangun lubang-lubang pengintaian, goa Jepang juga dilengkapi dengan bunker dan tempat penyimpanan senjata.

Gua-gua yang tersebar di Cagar Alam Pangandaran menambah keanekaragaman yang ada di Pantai Pangandaran. Gua-gua ini tidak hanya menjadi tujuan petualangan bagi para penjelajah, tetapi juga mengingatkan kita akan kompleksitas keindahan dan keanekaragaman yang dimiliki Cagar Alam Pangandaran secara keseluruhan.

Jika anda ingin menjelajahi kompleks Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran, anda bisa memesan Paket Tour Pangandaran Seharian dari Raja Tour Pangandaran. Dimana dalam paket tersebut, anda akan diajak untuk keliling Pantai Pangandaran dan Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran seharian full bersama pemandu yang sudah berpengalaman.

Contact Person

Untuk menghubungi Raja Tour untuk informasi lebih lanjut, konsultasi, dan reservasi perjalanan di Pangandaran, Anda dapat mengikuti kontak berikut:
Informasi Kontak Raja Tour Pangandaran:
Situs Web : www.rajatour.id
snack video : @rajatourpangandaran
Alamat Kantor : Jl. Raya Babakan - Pangandaran, No. 20, RT.001 RW. 007, Dusun Kelapatiga, Desa, Babakan, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46396.
Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL