-
13 Juli 2021 10:33 am

SERBA - SERBI KABUPATEN PANGANDARAN YANG HARUS KAMU TAHU

SERBA - SERBI KABUPATEN PANGANDARAN YANG HARUS KAMU TAHU
Pangandaran merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Pangandaran merupakan Kabupaten yang cukup baru yang dimekarkan dari Kabupaten Ciamis pada 25 Oktober 2012, Ibukota Kabupaten Pangandaran yaitu Parigi. Banyak sekali hal - hal menarik tentang Pangandaran yang perlu Kamu tahu. Beberapa hal menarik Pangandaran yaitu

Nama Pangandaran

Nama Pangandaran terbentuk dari 2 buah suku kata, yaitu Pangan dan Daran, Pangan yang artinya makanan dan Daran yang artinya para pendatang, jadi menurut bahasa Pangandaran berarti Makanan Bagi Para Pendatang, bisa dilihat, di Pangandaran banyak sekali orang-orang luar pangandaran yang mendirikan usahanya di Pangandaran, contohnya seperti pemilik hotel-hotel yang berdiri megah di Pangandaran. Sedangkan warga lokal Pangandaran lebih banyak bermata pencaharian sebagai Nelayan, Peternak dan Petani.

Sejarah Pangandaran

Pada awalnya desa Pananjung Pangandaran ini ditempati oleh para nelayan suku Sunda. Para pendatang lebih memilih Pangandaran karena gelombang lautnya yang kecil dan mudah untuk mencari ikan. Karena di Pantai Pangandaran inilah terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang sekarang menjadi Cagar Alam dan Hutan Lindung, tanjung inilah yang menghambat atau menghalangi gelombang besar untuk sampai ke Pantai. Di sinilah para nelayan menjadikan tersebut untuk menyimpan perahu dan menetap di perkampungan yang sekarang Perkampungan tersebut disebut Pangandaran.

Bupati Pangandaran

Bupati Pangandaran sekarang yaitu H. Jeje Wiradinata dan Wakil Bupatinya H. Ujang Endin Indrawan, S.H., menjabat sejak 26 Februari 2021 sampai Sekarang. Hj. Jeje Wiradina merupakan bupati petahana yang diperiode sebelumnya menjabat dengan Wakilnya H. Adang Hadari

Kecamatan di Pangandaran

Kabupaten Pangandaran memiliki total 10 kecamatan, yang kecamatan tersebut terdiri atas sejumlah desa dan Kelurahan, Pusat Pemerintahannya terletak di Kecamatan Parigi 10 Kecamamatan yaitu:
  1. Kecamatan Parigi
  2. Kecamatan Cigugur
  3. Kecamatan Pangandaran
  4. Kecamatan Padaherang
  5. Kecamatan Langkaplancar
  6. Kecamatan Sidamulih
  7. Kecamatan Kalipucang
  8. Kecamatan Mangunjaya
  9. Kecamatan Cimerak
  10. Kecamatan Cijulang

Maskot dan Semboyan

Maskot Kabupaten Pangandaran adalah Ikan Marlin, dijadikan identiras Kabupaten Pangandaran selain karena banyak di temui di laut Pangandaran, Ikan Marlin memiliki sifat senang berakrobat ke Udara dan linca.Sifat Ikan Marlin inilah yang ingin diadopsi oleh Kabupaen Pangandaran untuk menggambarkan tekad Kabupaten Pangandaran yang ingin melompat menuju kejayaan. Semboyan Kabupaten Pangandaran adalah JASA KARSA MAKARYA PRAJA, Jaya adalah kemenangan atau keunggulan, Karsa adalah daya cipta atau ide yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan, Makarya artinya membangun, mendirikan, mengerjakan hasil pekerjaannya indah dan megah, Praja adalah negeri atau negara dan pemerintahan yang kuat, tegar, dan tangguh. Secara Harfiah berarti unggul, sukses membangun, kuat. JAYA KARSA MAKARYA PAJA dapat dimaknai dan diartikan bahwa pembangunan Kabupaten Pangandaran lahir dari ide dan aspiras masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Pariwisata Kabupaten Pangandaran

Hampir di setiap Kecamatan di Kabupaten Pangandaran memiliki objek wisata, bahkan di beberapa desa si Pangandaran seperti Desa Wisata Selasari objek wisata dapat dengan mudah kita temui. Beberapa objek wisata yang terkenal di Pangandaran yaitu:
  1. dan masih banyak lagi wisata lainnya

Selain memiliki objek wisata yang banyak Pangandaran juga memilikibeberapa aktifitas wisata yang menarik, beberapa di antaranya yaitu:
  1. Memancing
  2. Funn Games/Ice Breaking
  3. dan masih banyak lagi aktifitas wisata lainnya
Bagi Kamu yang ingin mengunjungi destinasi dan mencoba aktifitas - aktifitas wisata di atas, Kamu bisa langsung menggunakan jasa Raja Tour Pangandaran. Kamu bisa langsung memesannya disini

Batas Wilayah Kabupaten Pangandaran

Pangandaran memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:
a. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Ciamis
b. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia
c. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Cilacap
d. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya

Itulah beberapa serba - serbi Kabupaten Pangandaran yang perlu Kamu tahu, bila Kamu ingin mengunjungi Pangandaran, Kamu bisa langsung menghubungi Raja Tour Pangandaran untuk mendapatkan pelayanan terbaik.
Blog Post Lainnya
Hubungi Kami
RAJA TOUR & TRAVEL (CV. RAMA JAYA TOUR & TRAVEL)
Jl. Raya Babakan, Dsn. Kelapatiga Nomor 20, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran. 46396
0265 - 7501378
0811-2194-555
marketing@rajatour.id
Social Media
Member
-
-
-
-
-
@2024 CV RAMA JAYA TOUR AND TRAVEL